oleh

Papuk Baiq Mariah, Jemaah Haji Tertua Ini Berusia 104 Tahun

MakkahDetakpos– Mariah Margani Muhammad atau biasa disapa Baiq Mariah berusia 104 tahun.Tubuh yang renta itu bukan penghalang bagi Baiq Mariah dan Rahmi yang tergabung dalam kloter 10 Embarkasi Lombok (LOP 10),untuk mengikuti manasik haji bersama jemaah lainn.

 Mulai tawaf hingga lontar jumrah maunya akan dilakoni secara mandiri.“Pakai kereta (kursi roda) ya supaya engga capek. Tapi papuq (nenek) menolaknya, dia bilang ‘saya mau jalan saja’,” kata pendamping Baiq Mariah  Rahmi (53), saat ditemui tim Media Center Haji (MCH) di kamar 812, Hotel Barakat Burhan (308), belum lama ini.

Menurut Rahmi, saat manasik di Lombok, Baiq Mariah tidak mempunyai kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH).

Hal ini sempat membuat keluarganya bingung. “Karena itu kami memasukan ke KBIH kami. Insya Allah dengan mengambil papuq, kita dapat berkah sehat. Dan ketua regu juga setuju,” ujarnya.

Rahmi sendiri tidak tahu kalau usia Baiq Maria sudah 104 tahun. Rahmi mengaku baru tahu setelah tiba di Makkah. “Soalnya selama latihan manasik haji sehat, menolak kursi roda, sangat bersemangat pokoknya,” ujar Rahmi.

Saat diwawancarai, Baiq Mariah hanya tersenyum. Terkadang tertawa dengan menutup mulutnya dengan jilbab. Kalau ditanya langsung pun dia hanya mengangguk.

Minggu (27/08), Papuq sudah bersiap diri, mandi serta mengenakan baju ihram dan kaus kaki. Selepas salat asar, bersama ketua regunya, Sudirman Nurdin, Baiq Mariah melaksanakan umrah wajib.

“Nanti di Masjidil Haram, tawaf dan sai akan menggunakan jasa kursi roda. Kami dititipi uang Rp 8 juta plus living cost SAR1.500 untuk kebutuhan hidupnya selama berhaji,” sebut Rahmi.Sudirman Nurdin mengatakan, seluruh jamaah LOP 10 sudah umrah wajib sejak Sabtu (26/8) pukul 21.50 waktu Arab Saudi (WAS), kecuali Baiq Mariah. “Papuq Baiq Mariah belum umrah, karena kondisinya masih labil saat itu. Tapi (kemarin) sore sudah membaik sehingga kami umrah dengan sembilan orang lainnya,” ujar Sudirman seraya mengamini papuq mendapat perhatian khusus regunya karena usianya yang sepuh.Ketua Sektor 3 Masbah Jin, Noor Hamid menambahkan, pihaknya akan memberikan perhatian khusus kepada Baiq Mariah. Kini Baiq Mariah sudah menjalankan umrah wajibnya dan tinggal menunggu puncak haji, wukuf di Arafah.

Saat ditanya apa rahasianya bisa berumur panjang dengan fisik yang terlihat baik, warga Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat ini hanya tersenyum mengangguk.(d2detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini