oleh

Supervisi Mabes Brigjen. Pol Herry Wibowo Cek Pengamanan Natal di Kediri

KediriDetakpos – Ketua Tim Supervisi Ops Lilin 2019 Mabes Polri Brigjen Pol. Drs.Herry Wibowo, mengecek pengamanan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, di Kediri, Jawa Timur, Senin (24/12).

Dengan didampingi Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi, Brigjen. Drs. Herry Wibowo, meninjau pengamanan di Gereja Getsemani dan Gereja Santo Yosep.

“Sistem pengamanan di dua gereja sudah cukup bagus. Untuk pengamanannya, juga sudah ada penempatan personel, baik secara terbuka maupun tertutup,” kata dia di Kediri.

Dalam kunjungan terkait pengamanan Natal 2018 di Gereja Gestemani Brigjen Pol. Drs. Herry Wibowo disambut Pendeta Timotius Kabul.

Selain berbincang-bincang terkait kesiapan Natal 2018 umat Kristiani, juga melakukan pemantauan penempatan personel, keduanya juga menyempatkan berfoto bersama.

Usai melihat kesiapan pengamanan di dua gereja, Brigjend Herry Wibowo mengumpulkan para Kabag Ops, Kasatlantas, Sabhara, dan Intel dari tujuh Polres ex Polwil Kediri untuk memberikan pengarahan pengamanan Natal 2018 dan Tahun baru 2019.

Ia berpesan kepada jajarannya agar tetap mewaspadai kemacetan lalu lintas, kejahatan jalanan, termasuk kerawanan kejahatan di rumah kosong selama Natal 2018 dan perayaan Tahun Baru 2019.

“Selama perayaan Natal 2018 dan menyambut perayaan Tahun Baru 2019 semua anggota tetap harus mewaspadai kejahatan jalanan, termasuk mewaspadai munculnya kejahatan di rumah kosong dan ancaman gangguan terorisme. Untuk itu patroli skala sedang dan skala besar harus ditingkatkan,” katanya menegaskan.

Brigjen. Pol. Drs. Herry Wibowo berbincang dengan Romo Kariyono terkait kesiapan Misa Natal di Kediri. (Istimewa)

Prioritas Pengamanan

Yang jelas, menurut dia, dari 34 Kepolisian Daerah (Polda), di antaranya, sebanyak 13 Polda yang mendapat prioritas dalam pengamanan Ops Natal 2018 dan Tahun baru 2019.

“Polda lainnya untuk imbangan,” ucapnya.

Mabes, lanjut dia, menempatkan tiga perwira (satu jenderal bintang satu dan dua kombes) pengamat wilayah atau tim supervisi untuk pengecekan dan memberikan asistensi kepada polres jajaran.

“Mabes memprirotaskan pengamanan di 13 polda karena masyarakat di daerah setempat mayoritas merayakan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,”: katanya menjelaskan.

Ia menyebutkan sebanyak 13 polda yang memperoleh prioritas itu, diantaranya adalah Sumutera Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Maluku,Papua, NTT, Bali, Banten, Dki, Jabar, Jateng, DIY, dan Jatim.

Brigjen. Pol. Drs. Herry Wibowo memberikan keterangan kepada wartawan terkait pengamanan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. (istimewa)

Dengan demikian, ia meminta jajaran di daerah yang mayoritas masyarakat merayakan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 untuk melakukan pengamanan di tempat-tempat hiburan, juga pengamanan di daerah yang rawan menimbulkan kemacetan lalu lintas.

“Pengamanan arus mudik dan balik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 harus memperoleh prioritas pengamanan, terutama di daerah rawan menimbulkan kemacetan,” tuturnya.

Selain itu, jajarannya juga harus mengantisipasi adanya kerawanan berbagai bencana, mulai tanah longsor, dan banjir yang rawan terjadi selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

Ia memberikan gambaran memasuki musim hujan tahun ini bencana banjir baru saja terjadi di Bali, termasuk bencana di Banten.

Polri menggelar Operasi Lilin pada 22 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, dalam rangka pengamanan libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. (*/ag)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini