oleh

Wawasan Kebangsaan Menjadi Pendidikan Wajib Bagi Pelajar

 

Tuban- Detakpos- Komandan Koramil (Danramil) 0811/06 Plumpang, Kapten Inf Istoha, memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi SMAN 1 Tuban, Senin (12/06/2017).

Kegiatan yang berlangsung di aula SMAN 1 Tuban ini merupakan rangkaian dari Pekan Pancasila Kodim 0811/Tuban, sebanyak 300 siswa-siswi kelas XI tampak antusias mengikuti kegiatan yang mengusung tema “Aku Indonesia, Aku Pancasila”. 

Danramil 0811/06 Plumpang Kapten Inf Istoha mengatakan, wawasan kebangsaan menjadi pendidikan wajib bagi kalangan pelajar. Karena mereka yang akan menjadi generasi penerus bangsa ini. Sehingga sudah seharusnya sejak pelajar diberikan pendidikan agar kelak menjadi pemimpin, warga negara yang cinta terhadap bangsanya dan menguatkan NKRI.

“Untuk mempertahankan keutuhan bangsa, generasi penerus bangsa ini diamanatkan untuk menghargai Pancasila, mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan mempertahankan nilai-nilai luhur Pancasila dari rongrongan kelompok yang ingin mengubah ideologi bangsa,” kata Danramil dihadapan ratusan pelajar SMAN 1 Tuban. 

Menurut Istoha, pendidikan Wasbang perlu dilakukan untuk menekankan agar siswa dapat menghindari pengaruh pengaruh luar yang bertentangan dengan perilaku dan budaya bangsa seperti, pergaulan bebas, tawuran antar pelajar, pengaruh Narkoba dan Radikalisme.

“Tujuannya menyelenggarakan dan menguatkan kesadaran untuk membangun Indonesia.  Mencintai dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan sendiri.  Serta yakin akan kebenaran falsafah Pancasika, UUD 1945 sebagai satu-satunya pedoman penyelenggara negara, NKRI satu-satunya bentuk negara yang tepat untuk negara kepulauan serta mengajarkan untuk menghargai sesama,” katanya.

Kegiatan Wasbang tersebut disambut baik oleh pihak sekolah dan Kepala Sekolah SMAN 1 Tuban, Mukti, M.Pd berharap, ke depan selalu terjalin komunikasi erat antara Sekolah dan Kodim Tuban dalam mengisi kegiatan kegiatan positif membina siswa agar semakin terarah mental ideologinya serta wawasan kebangsaannya.(d3/detakpos).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini