๐™‰๐™ค๐™ฌ ๐™ค๐™ง ๐™‰๐™š๐™ซ๐™š๐™ง!

 

๐˜๐˜ตโ€™๐˜ด ๐˜•๐˜ฐ๐˜ธ ๐˜ฐ๐˜ณ ๐˜•๐˜ฆ๐˜ท๐˜ฆ๐˜ณ. Demikian lagu terkenal ๐˜Œ๐˜ญ๐˜ท๐˜ช๐˜ด ๐˜—๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ญ๐˜ฆ๐˜บ: legendaris asal Inggris. Kemungkinan lagu itu layak dinyanyikan untuk menggambarkan posisi capres Prabowo Subiabto pada Pilpres 2024 ini.

Pasalnya, sejak Pilpres 2004, Prabowo sudah ikut konvensi Partai Golkar untuk menjadi calon , . Pilpres 2024 adalah PemiluPresidenn kelima yang diikuti.

Pilpres 2004, Prabowo gagal menjadi Capres Partai Golkar. Pilpres 2009, ia menjadi Cawapres Megawati dan gagal. Pilpres 2009 dan 2014, Prabowo menjadi Capres dan kembali gagal.

Jika gagal lagi di Pilpres 2024, Prabowo sudah menyatakan akan pensiun saja dan naik gunung. Jika tidak sekarang di Pilpres 2024 terpilih menjadi Presiden, Prabowo tak akan pernah menjadi Presiden Indonesia. ๐™‰๐™ค๐™ฌ ๐™ค๐™ง ๐™‰๐™š๐™ซ๐™š๐™ง!

Survei LSI Denny JA pada Desember 2023 memberi harapan. Jika tidak ada blunder yang signifikan di kubu Prabowo โ€“ Gibran di sisa waktu menuju Februari 2024, besar kemungkinan Prabowo tidak pensiun dan naik gunung “.
Tulis Denny JA, Kini Prabowo-Gibran di ambang kemenangan. Selisihย  elektabilitasnya di atas 18% terhadap semua kompetitor!

Prabowo โ€“ Gibran elektabilitasnya saat ini sebesar 42.9%. Ganjar Pranowo โ€“ Mahfud MD berada di posisi kedua dengan elektabilitas 24.9%. Posisi ketiga Anies Baswedan โ€“ Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas sebesar 24.0%.

Tambahan suara yang diperlukan Prabowo โ€“ Gibran untuk menang satu putaran lebih kecil dibandingkan tambahan suara yang diperlukan pasangan Ganjar โ€“ Mahfud dan Anies โ€“ Muhaimin untuk lolos ke putaran kedua.

Pasangan Prabowo โ€“ Gibran untuk menang satu putaran memerlukan tambahan suara 7.2%. Ganjar โ€“ Mahfud untuk masuk ke putaran kedua butuh tambahan 8.4%.
Anies โ€“ Muhaimin untuk masuk ke putaran kedua butuh tambahan 9.3%

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (๐˜ง๐˜ข๐˜ค๐˜ฆ-๐˜ต๐˜ฐ-๐˜ง๐˜ข๐˜ค๐˜ฆ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ท๐˜ช๐˜ฆ๐˜ธ) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1.200 responden, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ณ๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ณ survei ini sebesar 2.9%.

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, ๐˜ช๐˜ฏ-๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ต๐˜ฉ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ท๐˜ช๐˜ฆ๐˜ธ, ๐˜ฆ๐˜น๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ต ๐˜ซ๐˜ถ๐˜ฅ๐˜จ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต dan ๐˜ง๐˜ฐ๐˜ค๐˜ถ๐˜ด ๐˜จ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ถ๐˜ฑ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ด๐˜ค๐˜ถ๐˜ด๐˜ด๐˜ช๐˜ฐ๐˜ฏ.

Survei dan riset kualitatif dilakukan pada tanggal 20 November โ€“ 3 Desember 2023.
๐—›๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—น ๐˜€๐˜‚๐—ฟ๐˜ƒ๐—ฒ๐—ถ ๐˜€๐—ถ๐—บ๐˜‚๐—น๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐˜€๐˜‚๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐˜‚ ๐—ฃ๐—ถ๐—น๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€ ๐—ฎ๐—ธ๐—ต๐—ถ๐—ฟ ๐—ก๐—ผ๐˜ƒ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ ๐Ÿฎ๐Ÿฌ๐Ÿฎ๐Ÿฏ: Prabowo โ€“ Gibran berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 42.9%.

Posisi kedua Ganjar โ€“ Mahfud dengan elektabilitas sebesar 24.9%. Posisi ketiga Anies โ€“ Muhaimin dengan 24.0%. Sebesar 7.7% menyatakan belum memutuskan/rahasia/tidak tahu/tidak jawab.

Prabowo โ€“ Gibran unggul 18% atas Ganjar – Mahfud, dan unggul 18.9% atas Anies โ€“ Muhaimin. Adapun selisih antara Ganjar โ€“ Mahfud dengan Anies โ€“ Muhaimin sebesar 0.9%.

Dilihat secara tren, elektabilitas Prabowo โ€“ Gibran dan Anies โ€“ Muhaimin terus menaik, sedangkan Ganjar โ€“Mahfud terus menurun.

Pada survei Oktober 2023, elektabilitas Prabowo โ€“ Gibran sebesar 36.8%. Survei di awal bulan November elektabilitasnya naik menjadi 40.3%. Survei di akhir bulan Novemberย  naik kembali ke angka 42.9%.

Begitu pula dengan elektabilitas Anies โ€“ Muhaimin, terdapat tren kenaikan. Pada survei Oktober 2023, elektabilitas Anies โ€“ Muhaimin sebesar 17.2%. Survei di awal bulan November 2023, elektabilitasnya naik menjadi 20.3%. Survei di akhir bulan November 2023 naik kembali 24.0%.

Sebaliknya, elektabilitas Ganjar โ€“ Mahfud sedang mengalami tren negatif. Elektabilitas pada bulan Oktober 2023 masih di angka 35.3%. Survei awal November 2023 elektabilitasnya menurun ke angka 28.6%. Survei di akhir November 2023 turun kembali ke angka 24.9%.

Ganjar dan Mahfud melakukan kesalahan fatal, blunder karena salah memilih strategi. Ibarat permainan catur, langkahnya secara emosional menyerang Jokowi, membuatnya kehilanganย  posisi, dan sangat, sangat, sangat sulit untuk kembali ke posisi semula.

Agak mengherankan blunder yang dibuat oleh Ganjar – Mahfud. Ini sejenis kesalahan elementer akibat kesalahan membaca data dan ๐˜ท๐˜ฐ๐˜ต๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ท๐˜ช๐˜ฐ๐˜ณ.

Prabowo โ€“ Gibran untuk menang pemilu dalam satu putaran butuh tambahan suara sebanyak 7.2%. Jika perolehan nantinya di bawah 50%, maka akan masuk ke putaran kedua.

Head to head Prabowo โ€“ Gibran vs Ganjar โ€“ Mahfud menempatkan Prabowo โ€“ Gibran unggul telak di atas 20%.
Elektabilitas Prabowo โ€“ Gibran sebesar 53.2%. Elektabilitas Ganjar โ€“ Mahfud sebesar 31%.

Head to head Prabowo โ€“ Gibran vs Anies โ€“ Muhaimin, juga menempatkan Prabowo – Gibran unggul telak di atas 20%. Elektabilitas Prabowo โ€“ Gibran sebesar 56.2%. Elektabilitas Anies โ€“ Muhaimin sebesar 28.0%.(d/2).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *