oleh

Enam Bulan, Elektabilitas Khofifah Ungguli Gus Ipul

SurabayaDetakpos-Lembaga survei Indo Barometer merilis data terbaru terkait Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Berdasarkan data Indo Barometer elektabilitas untuk calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meningkat selama enam bulan.

Data elektabilitas dua calon gubernur ini diakumulasikan dari September-Februari 2018. Dalam survei yang mengambil sampel 800 responden dan MoE (Margin of Eror) sebesar 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen ini, calon Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengalami tren kenaikan elktabilitas 13,5 %.

Sebaliknya petahana Saifullah Yusuf (Ipul) per September-Februari anjlok sebanyak 12,6 %.

Dari hasil itu, pakar politik Universitas Brawijaya (Unbraw) Malang, Jawa Timur, Ahmad Hasan Ubaid menilai naiknya elektabilitas Khofifah karena sudah memiliki tabungan suara alias dukungan massa akar rumput meskipun waktu awal tahun belum menyatakan maju di Pilgub Jawa Timur.

“Istilahnya political click. Bu Khofifah ini tinggal monitoring saja. grassrootnya sudah kuat. Siapa? Muslimat NU,” jelas Hasan, Jumat (6/4).

Kemudian, dukungan semakin besar ketika masyarakat tahu Khofifah maju sebagai calon gubernur Jawa Timur. Hal itu disebut menjadi penanda bergeraknya mesin dukungan untuk Khofifah.

“Ketika masyarakat tahu bu Khofifah dipastikan maju kemudian dari situlah booster pemilih untuk bu Khofifah meningkat. Jaringannya kan menguat,” tuturnya.

Sebaliknya, anjloknya elektabilitas Ipul per September 2017- Februari 2018 sebanyak 12,6 % disebut karena lambatnya gerak tik untuk mencari rekomendasi partai. Kemudian, persepsi masyarakat terhadap Ipul dinilai sudah berubah.

“Dari prespektif marketing, saat itu Gus Ipul tidak melakukan gerakan ke bawah karena disibukan rekomendasi partai politik. Itu semestinya tidak boleh terjadi. Kalau bisa dibilang bahwa ketika terus tergerus artinya kemungkinan persepsi tingkat kepercayaan masyarakat bisa menurun.(d2).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini