oleh

Sosialisasi Empat Pilar: Jaga Kerukunan Antaratetangga Menjelang Pemilu

Bojonegoro – Detakpos – Nara sumber sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Bojonegoro, Jawa Timur, Totok Sujatmiko mengatakan masyarakat harus mampu menjaga kerukunan antartetangga menjelang pemilihan legislatif (pileg), meskipun berbeda pilihan.

“Beda pilihan itu biasa. Kita junjung beda pilihan dan jangan “geger” dengan tetangga, ” kata dia dalam sosialisasi empat pilar yang digelar Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) XII Jawa Timur, Ir. Drs. Bambang Budi Susanto, Msi., di Aula Desa Sukorejo, Kecamatan Kota, Bojonegoro, Sabtu (8/9).

Oleh karena, menurut dia, masyarakat sekarang ini harus tetap menjaga kerukunan, karena tahun ini merupakan tahun politik.

“Silahkan pilih dalam pemilu yang “sreg” nantinya di bilik suara,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia menjelaskan bahwa empat pilar hidup berbangsa dan bernegara ada empat yaitu, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Empat pilar itu merupakan tiang negara,” ucapnya menegaskan.

Ia memberikan gambaran bahwa di dalam negara kesatuan Republik Indonesia ada enam yang sah, sehingga kalau semua menjadikan Agamanya masing-masing sebagai pegangan maka manusia menjadi baik.

“Di dalam Agama tidak ada yang mengajarkan korupsi, mencuri dan merampok,” ucapnya menegaskan.

Begitu pula, lanjut dia, kalau semua warga negara mengamalkan sila kedua maka tidak akan ada keributan, karena semua bisa hidup rukun dan guyub.

Terkait NKRI, ia menegaskan bahwa NKRI merupakan harga mati, sehingga dilarang di dalam negara ada negara. Ia mencontohkan Bojonegoro karena sekarang sudah kaya dengan migas tidak bisa kemudian memisahkan diri mendirikan negara sendiri.

Dalam sosialisasi itu, Bambang Budi Susanto yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PAN membagikan buku materi sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada sekitar 150 warga yang menghadiri acara itu.

Selain itu, juga dibagikan sertifikat dari Pimpinan MPR RI yang ditandatangani Ketua MPR RI Dr. (HC) Zulkifli Hasan,MM., dan sejumlah wakil ketua yaitu H. Mahyudin, ST., MM., E.E. Mangidaan, S.IP., Dr. H.M. Hidayat Nur Wachid, MAS., dan DR. Oesman Sapta.

Hadir dalam acara itu, Kepala Desa Sukorejo, Kecamatan Kota, Bambang Budi Suprayitno, bakal calon aggota legislatif (bacaleg) PAN Jawa Timur, Irawan Subiyanto, bacaleg DPRD PAN M. Choirul, Moch. Nasir, dan Nurhamid. (*/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini