oleh

Survei: Pasangan Jokowi-Ma’ruf di Tren Positif

JakartaDetakpos– Elektabilitas capres dan cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin kembali menunjukkan tren positif.

Berdasarkan hasil lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), tingkat kepercayaan publik terhadap pasangan calon nomor urut 01 masih unggul di atas 20 persen.

Saat survei akhir Januari 2019, elektabilitas Prabowo-Sandi hanya sebesar 32,1 persen, pasangsn nomor 01 masih 54,9 persen.

Demikian Direktur Riset SMRC, Deni Irvani di Jakarta Pusat, Minggu (10/3).

Dalam survei itu, terdapat 13 persen responden belum menentukan pilihan atau undecided voters.

Surrvei SMRC dilakukan secara nasional pada 24 -31 Januari 2019 dengan metode multistage random sampling yang melibatkan sebanyak 1.426 responden. Margin of error 2,65 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara hasil penelitian LSI Denny JA selama enam bulan masa kampanye menunjukkan mayoritas responden memilih pasangan Joko Widodo-Maruf Amin sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Dari enam bulan masa kampanye, tren pertarungan sebenarnya sudah selesai. Jokowi-Ma’ruf unggul 20% di atas pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno,.

Demikian peneliti LSI, Ardian Sopa.
Pengumpulan data untuk survei Februari 2019 dilakukan pada 18-25 Februari 2019. Penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling dengan melibatkan 1.200 responden. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menggunakan kuesioner.

Adapun margin of error dalam penelitian ini lebih kurang 2,9%.

Sumber: Okezone

Editor A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini