oleh

Damkar Bojonegoro Padamkan Kebakaran Lahan Jati

BojonegoroDetakpos – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro, Jawa Timur, memadamkan kebakaran lahan jati yang kemudian merambat ke rumpun bambu dan kios sembako di Pasar Desa Sekar, Kecamatan Sekar, Minggu (4/8).

“Kebakaran dipicu kebakaran di lahan hutan jati di Pos Sekar, yang kemudian merambat ke rumpun bambu dan membakar kios sembako milik Tumpi (60) di Pasar Sekar,” kata Kepala Bidang Pemadaman Dinas Damkar Bojonegoro Sukirno, di Bojonegoro, Minggu (4/8).

Ia menyebutkan kebakaran lahan jati terjadi sekitar pukul 06.10 WIB yang kemudian sekitar 1 jam kemudian dilaporkan kepada petugas dinas damkar. Kebakaran lahan jati itu, kemudian merambat membakar lahan rumpun bambu milik Suwadi (60), sebelum akhirnya juga membakar kios sembako milik Tumpi.

“Kebakaran bisa dipadamkan dengan mengerahkan satu unit mobil damkar dengan enam petugas damkar,” kata dia menjelaskan.

Ia memperkirakan kerugian tidak terlalu besar hanya sekitar Rp1 juta, akibat dinding warung dan rak kayu, serta perabaotan warung terbakar.

“Penyebab kebakaran karena ada orang yang bertanggung jawab membakar lahan jati,” ucapnya.

Humas Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro Markum, sebelumnya, mengatakan kebakaran hutan yang tejadi di kawasan hutan jati wilayahnya disebabkan ada orang yang sengaja membakar semak-semak hutan untuk membuka lahan baru. (*)

Penawarta: Agus S
Editor: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini