oleh

Waduk Pacal Bojonegoro Mulai Peroleh Tambahan Air Hujan

BojonegoroDetakpos – Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSB) di Solo, Jawa Tengah, menyatakan Waduk Pacal di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Bojonegoro, Jawa Timur, sudah memperoleh tambahan air hujan sejak beberapa hari terakhir.

“Debit air Waduk Pacal mulai bertambah, akibat hujan sudah turun di daerah tangkapan airnya,” kata Petugas BBWSBS di Bojonegoro Bambang Irawan, Rabu (21/11).

Dari data yang ada ketinggian air pada papan duga di Waduk Pacal, mencapai 104,45 meter dengan debit 490 ribu meter kubik per 21 November.

Ketinggian air pada papan duga di Waduk Pacal itu, meningkat dibandingkan pada 9 November yang ketinggiannya hanya mencapai 104,32 meter dengan debit air sekitar 400 ribu meter kubik.

Dimintai konfirmasi terpisah Kepala Bidang Operasi Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumber Daya Air Pemkab Bojonegoro Masahid, membenarkan Waduk Pacal sudah memperoleh tambahan air hujan, tapi masih minim.

“Ya kami belum bisa menentukan luas areal pertanian yang bisa diairi karena bergantung perolehan air di Waduk Pacal,” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, perolehan air Waduk Pacal, masih minim, padahal sudah masuk musim tanam tanaman padi di daerah irigasi Waduk Pacal.

“BBWSBS memang melakukan rehabilitasi jaringan irigasi Waduk Pacal di sejumlah kecamatan. Tapi areal pertanian yang bisa memperoleh air ya juga bergantung perolehan air di Waduk Pacal,” ucapnya. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini