oleh

Kinerja Jajaran Pemkab Lamongan Masih Bisa Ditingkatkan

LamonganDetakpos – Bupati Lamongan, Jawa Timur,  Fadeli mengatakan kinerja jajarannya masih bisa ditingkatkan menjadi grade A, meskipun  penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) 2017 dengan grade B.

SAKIP ini menggambarkan kinerja instansi pemerintahan secara keseluruhan. Karena itu Bupati Fadeli mengambil inisiatif untuk memimpin langsung upaya pencapaian SAKIP agar bisa maksimal.

Bertempat di Ruang Pertemuan Sasana Nayaka, Bupati Fadeli mengumpulkan seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD) dan Camat untuk memberikan pengarahan dalam rangka persiapan evaluasi SAKIP 2018 oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) pada Agustus mendatang.

“Pada 2017 pemkab mendapatkan nilai SAKIP BB. Namun hal ini tidak boleh membuat kita berpuas diri. Kepada seluruh PD dan Camat agar menyiapkan SAKIP lebih baik agar di tahun 2018 nilainya meningkat menjadi A,” harap Fadeli.

Fadeli melanjutkan, target meriah grade A bukan sekedar untuk mengejar prestis apresiasi. Namun karena SAKIP ini menggambarkan kinerja nyata pemerintah daerah secara keseluruhan, sehingga sudah menjadi wajib hukumnya untuk meraih yang terbaik.

Dalam acara tersebut dihadirkan narasumber Kepala Bagian Pengembangan Kinerja Biro Organisasi Sekretariat Propinsi Jawa Timur Dwi Suyanto.

Dia menjelaskan bahwa terdapat tiga dokumen Pemkab Lamongan yang akan dinilai oleh KemenPAN dan RB. Yakni SAKIP itu sendiri,  Zona Integritas (ZI) dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Reformasi Birokrasi.

“Dalam penilaian tersebut, KemenPAN RB akan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mensurvei masyarakat yang dilayani. Bukan mensurvei kita yang melayani. Selain itu waktu dan tempat tidak aka diberitahukan sebelumnya, “ ungkap Dwi Suyantono.

Menurut Dwi Suyantono, survei ini menjadi krusial, karena sering membuat penilaian suatu daerah anjlok.

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa pada evaluasi SAKIP Tahun 2017 terdapat 35 PD Pemkab Lamongan yang mencapai nilai A, 7 PD mendapat nilai BB dan 23 PD yang mendapat nilai B. Dari hasil tersebut maka Pemerintah Kabupaten Lamongan pada tanggal 31 Januari 2018 menerima nilai BB (sangat baik). (*/d1)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini