oleh

Bamsoet: Demo di Papua Tewaskan Seorang Anggota TNI dan Dua Warga

JakartaDetakpos-Penyerangan yang dilakukan massa pendemo di Deiyai, Papua, mengakibatkan empat anggota Polri dan dua anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) terluka, satu anggota TNI dan dua warga lain meninggal dunia (28/8).

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan dukacita dan rasa keprihatinan yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa dan korban luka-luka.

Dia uga memberikan penghargaan yang tinggi terhadap dedikasi para TNI dan Polri yang telah melaksanakan tugas, serta bagi keluarga yang ditinggal agar bersabar dalam menerima cobaan tersebut.

“Mendorong TNI dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terutama untuk pasukan yang bertugas di Papua agar dapat mempersiapkan diri baik persenjataan dan perlengkapan lainnya disamping memahami karakteristik suku-suku yang ada di Papua,”ungkap Bansoet di Jakarta, Kamis (29/8).

Dua juga mengharap agar Panglima TNI dan Kapolri untuk dapat bertindak tegas dan terukur terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang memprovokasi massa yang melaksanakan demo serta mempertanggungjawabkan perbuatannya yang telah mengakibatkan jatuhnya korban;

Selain itu mendorong TNI dan Polri untuk meningkatkan koordinasi dalam melaksanakan tugas pertahanan dan keamanan dengan lebih mengefektifkan satuan intelijen yang ada, agar dapat menghindari kejadian serupa terulang kembali;

Bamsoet mendorong TNI dan Polri melakukan pendekatan dan bekerja sama dengan seluruh unsur Forkopimda, Forum Kerukunan Umat Beragama dan pimpinan-pimpinan adat serta ketua-ketua suku yang ada di Papua, agar terjalin saling pengertian dalam mewujudkan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa;

“Meminta semua elemen bangsa untuk menjaga suasana tetap tenang dan tidak melakukan provokasi atau menyebarkan berita hoax yang akan memperkeruh suasana,”tegas Bamsoet.

Masyarakat diminta Bamsoet untukku tidak mudah percaya dengan berita-berita dan provokasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab, serta mempercayakan keamanan kepada aparat kepolisian.(d/2)

Editor: AAdib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini