oleh

GEMPABUMI GUNCANG BOJONEGORO DAN SEKITARNYA

Bojonegoro -Detakpos-Bojonegoro, Jawa Timur, diguncang gempabumi. Kepala Stasiun Geofisika Klas II Tri Suwardi, S.Si melaporkan, Hari ini Kamis, tanggal 19 Oktober 2017 pukul 10:49:15  WIB, di 15 Km Timur Laut Bojonegoro dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M = 3.8 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di darat, 15 km arah Timur Laut Bojonegoro pada koordinat 7.02 LS,111.93 BT kedalaman 9 km, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Rembang.

Tri Terkait dengan peristiwa gempabumi yang baru saja terjadi ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 11.06 WIB belum ada tercatat aktivitas gempabumi susulan.

Dilaporkan getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II – III MMI di Tuban, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi.

Pada skala ini digambarkan getaran lemah dan dirasakan oleh beberapa orang. Berdasarkan informasi dari Stamet Tuban, getaran gempabumi dirasakan (I SIG BMKG / II-III MMI) di Tuban.

Terkait dengan peristiwa gempabumi yang baru saja terjadi ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 11.06 WIB belum ada tercatat aktivitas gempabumi susulan.

Sehubungan dengan kejadian gempabumi tersebut, masyarakat  dihimbau agar tetap tenang dan jangan mudah terpancing dengan isu yg menyesatkan. Selalu pantau informasi resmi yg disampaikan oleh BMKG.(d1/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini