oleh

Kenalkan Pancasila Mulai Usia Dini

Kediri Detakpos – Pada masa pertumbuhan, terutama di usia dini, SD Kristen St.Maria mengadakan program ‘Aku Cinta Indonesia” lewat pemaparan yang disesuaikan dengan pandangan anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah SD.

Bati Tuud Koramil 11/Pare, Pelda Yosep menyampaikan pandangan seputar Pancasila kepada siswa/siswi yang duduk di kelas 3 dan 4 SD di aula SD Kristen St.Maria, Kamis (20/07/2017).

Mengawali pemaparannya, Yosep menjelaskan seputar sila-sila yang termuat dalam Pancasila, dari sila pertama hingga sila kelima. Selanjutnya, dia, menjelaskan secara singkat butir-butir tiap sila sekaligus penjelasan secara luas dalam setiap itemnya.

“Dalam sila pertama, termuat butir pertama Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketakwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Butir kedua, manusia Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab,” kata  Yosep.

Lanjutnya,”butir kesatu dan kedua sangat berhubungan dengan sekali dengan keyakinan adik-adik serta orang tua adik-adik.  

Dalam butir ketiga, mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerja sama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

”Butir keempat, membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,” sambung Pelda Yosep.

Lanjutnya, “Jadi adik-adik harus menghargai dan menghormati keyakinan  teman-teman, saudara atau tetangga sekitar yang berbeda-beda. Menghargai dan menghormati keyakinan orang lain, sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan. (Tim/detakpos).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini