oleh

Pengambilan Data Kader Dawis Bojonegoro Minim Kesalahan

BojonegoroDetakpos – Ketua  Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro,  Jawa Timur, Ny Mahfudhoh  Suyoto mengatakan pengambilan data kependudukan kader dasa wisma (dawis) dengan mendatangi langsung ke rumah warga minim kesalahan.

“Data yang didapatkan  diharapkan akan membantu  pemkab untuk mencari pemecahan permasalahan di masyarakat,” kata dia dalam acara sosialisasi  dan  pelatihan pemanfaatan papan instrumen  revolusi data di Bojonegoro, Kamis (10/8/2017).

Menurut dia, pengambilan data kependudukan melalui kader dasa wisma merupakan bentuk kepedulian PKK untuk menyediakan data yang tepat untuk mendukung pemkab.

“Dengan adanya data yang minim kesalahan maka  program pemkab bisa tetap sasaran,” katanya menegaskan.

Ia mengharapkan pengambilan data kependudukan oleh kader dasa wisma terus berlanjut di semua desa sesuai jumlah penduduk.

“Jika ada permasalahan  dan kendala  agar dicarikan solusi  bersama,” ucapnya.

Seusai acara  pembukaan  dilanjutkan dengan pelatihan yang terbagi  dalam dua materi  yakni  pengenalan cara aplikasi  revolusi data berbasis  smartphone dan pengenalan  cara kerja  dashboard  aplikasi revolusi data  berbasis  smartphone.

Adapun 10 desa percontohan yaitu yakni Desa Brabowan dan Bonorejo  Kecamatan  Gayam,  Desa Pilangsari dan Ngringinrejo Kecamatan  Kalitidu,  Desa  Prayungan  dan  Pejambon, keduanya di  Kecamatan  Sumberejo. 

Lainnya Desa  Sidobandung  Kecamatan  Balen  dan Desa  Pacul  Kecamatan  Bojonegoro,  Desa  Kapas  Kecamatan  Kapas,  Desa  Tlatah  Kecamatan  Purwosari.

Direktur  Bojonegoro Institute  AW Syaifullah dalam laporannya  menjelaskan bahwa revolusi data dewasa ini mutlak  diperlukan  terlebih  dulu era yang serba digital dan berbasis  Informasi  Teknologi  menuntut  kebutuhan  data semakin menjadi  cepat  dan tepat. 

Dalam kegiatan itu EMCL memberikan dukungan berupa aplikasi yang bisa digunakan  dengan smartphone  yang diberi nama dashbord  revolusi data di 10 desa di 5 kecamatan yang menjadi percontohan. (d1/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini