oleh

Puluhan Rumah Rusak Akibat Gempa Padangsidempuan

TapanuliDetakpos – Puluhan rumah rusak di sejumlah desa di Kecamatan Padangsidempuan Angkola Julu, Padangsidempuan Hutaimbaru, dan Angkola Barat, di Tapanuli Selatan, akibat gempa berkekuatan 5,5 SR, Jumat (2/4/7/2017) pukul 08.25 WIB.

“Pusat gempa di darat pada kedalaman 10 km di Padaangsidempuan, yang berasal dari sesar di darat menyebabkan guncangan keras dirasakan masyarakat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam release tertulis yang diterima detakpos di Bojonegoro.

Ia menyebutkan daerah terdampak yang mengalami kerusakan parah yaitu di Kota Padangsidempuan, sejumlah desa di Kecamatan Padangsidempuan Angkola Julu, Padangsidempuan Hutaimbaru dan  Angkola Barat.
 
“Korban jiwa tidak ada tapi satu warga atas nama  Masitoh Ritonga (73) menderita luka-luka,” katanya.

Menurut dia, gempa dirasakan warga masyarakat berkisar 1-20 detik di Kota Tapanuli Selatan, di Kabupaten Tapanuli Selatan, gempa berkisar 1-10 detik di Kabupaten Padang Lawas, dan gempa berkisar 1-7 detik di Kabupaten Rokan Hulu.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” katanya.

BPBD setempat sekarang ini melakukan monitoring dan pendataan dengan jumlah rusak yang mengalami kerusakan berat, sedang dan ringan sebanyak 60 unit.

“Gempa susulan sempat terjadi, tetapi lebih kecil,” ucapnya. (tim detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini