oleh

Semalam, Padangsidempuan Diguncang Gempa 5,8 SR

JakartaDetakpos-Gempa bumi dengan magnitudo M 5,8 SR (Scala Richter) mengguncang Padangsidempuan, Sumatera Utara, semalam, Senin, 11 Maret 2019, pukul 23:34 WIB.

Gempa berpusat pada koordinat 98,76? BT dan 1,13? LU pada kedalaman 85 km, berjarak 63 km baratdaya Padangsidempuan.

Kepala Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kasbani, meminta masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat.

Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

“Daerah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi pada umumnya disusun oleh batuan sedimen Berumur Kuarter hingga Tersier. Getaran gempa bumi terasa lebih kuat pada batuan muda (Kuarter) yang bersifat urai dan tidak terkompaksi sehingga memperkuat efek guncangan gempa bumi,” jelas Kasbani dalam laporannya Selasa pagi (12/3).

Kasbani menambahkan, guncangan gempa bumi dirasakan di Gunung Sitoli, Aek Godang, Teluk Dalam, dan Mandailing Natal dengan intensitas II-III MMI (Modified Mercalli Intensity), serta di Aceh Singkil dengan intensitas II MMI. “Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena meskipun berpusat di laut, namun energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan deformasi di bawah laut,”tambah Kasbani.

PVMBG meminta agar masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. “Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil,”pinta Kasbani.

Sumber: Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Editor : A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini