oleh

Gerindra Minta Restu Gus Solah Usung Khofifah di Pilgub Jatim

SurabayaDetakpos – Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa (KIP) sudah dilamar Partai Gerindra Jatim untuk dicalonkan gubernur Jatim pada Pilkada 2018.

Menurut keterangan yang diperoleh, Pengurus DPD Jatim telah meminta restu Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, KH Sholahudin Wahid (Gus Solah).

Kepada adik Gus Dur, pengurus Partai Gerindra Jatim meminta restu untuk mengusung KIP untuk dicalonkan gubernur Jatim pada Pilgub nanti.

Ketua DPD Gerindra Jatim Supri, ketika dikonfirmasi soal minta restu kepda adik Gus Dur, dia tidak membantah dan hanya menyatakan dirinya saat ini di Kanada. ” Saya posisi masih di Kanada,” tulis Supri melalui WA, Kamis (13/7/2017). Gus Solah yang dikonfirmasi juga belum menjawab.

Wakil Ketua Umum Gerindra, Arief Poyuono juga tidak bersedia menjelaskan ihwal Gerindra melamar Khofifah. Namun dia sebelumnya mengakui bahwa Mensos itu masuk dalam penjaringan partainya karena memiliki dukungan basis kiai NU.

Pengamat politik Fernando EMAS, dari Universitas 17 Agustus 1945 (UTA’45), mengakui Gerindra  dalam hal ini Prabowo Subianto  memiliki insting dan hitung-hitungan politik yang cukup bagus.

Direktur Rumah Demokrasi Indonesia itu mengatakan, kalau Gerindra berhasil mengajak PKS, PAN dan Demokrat berkoalisi maka kemungkinan besar pasangan yang maju hanya dua pasangan.

” Kompetitor yang dianggap mampu untuk mengalahkan Gus Ipul pada Pilgub 2018 adalah Khofifah,” ungkap Direktur Rumah Demokrasi itu dihubungi Kamis (13/7/2017).

Menurut Fernando, Khofifah berdasarkan Pilgub Jatim yang lalu,  berhasil mengimbangi pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf malaupun pada saat itu hanya didukung oleh PKB dan partai kecil.(d2/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini