oleh

Komisioner KPU Bojonegoro Bungkam soal Anggaran Terserap

Pewarta: Darwati

Bojonegoro Detakpos -Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, bungkam terkait dengan jumlah anggaran yang telah diserap, untuk tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati, dan Gubernur 2018.

Anggota KPU Devisi Umum, Kuangan, dan Logistik, Supardi tidak bisa menjawab ketika ditanya jumlah pengeluaran yang telah dilaksanakan selama ini. Tetapi jelasnya pengeluaran terbesar sampai awal Desember ini, adalah acara sosialisai yang dilaksanakan di hotel Dewarna, Jumat (01/12).

“Kami anggota KPU bukan sebagai pengguna anggaran, sehingga kami tidak memiliki detail jumlah pengeluaran anggaran. Sebab datanya ada di bendahara, setiap acara pengeluarannya berapa, ” kata Supardi.

Masih menurut Supardi, anggaran dana untuk pilkada dari APBD Bojonegoro yang terlah dihibahkan kepada KPU di tahun 2017 adalah Rp 7.900.000.000. Sedangkan sisa anggarannya akan dicairkan pada 2018. Dana untuk total anggaran dari Kabupaten adalah Rp 50,180 miliar rupiah. Dari pemerintah provinsi Rp 4,9 miliar. “Nanti untuk anggaran sosialisasi totalnya ada sekitar Rp 3.010.800.000 atau 6 persen dari total anggaran APBD Bojonegoro. Yang akan kami gunakan untuk pengadaan bahan sosialisasi, alat-alat peraga, bimtek penyelenggaran edhok, dan kegiatan lainnya, “kata dia.

Dana yang sudah masuk KPU, pada bulan ini juga akan digunakan untuk pembayaran PPK, PPS, dan KPPS yang nominalnya mencapai Rp 2,5 miliar. Karena pengeluaran terbesar dalam penyelenggaran pilkada adalah honor untuk PPK, PPS, dan KPPS.

“60 persen anggaran dari Rp 50,181 miliar akan kami gunakan untuk honor bagi penyelenggara pilkada. Kemudian yang 12 persen guna fasilitasi kampanye para calon, dan kebutuhan logistik dalam pilkada, ” tegasnya.

Sementara anggaran dana dari pemerintah provinsi akan diperuntukan sebagai honor PPDP. Lalu pembuatan TPS, fasilitasi kampanye bagi calon gubernur dan wakil gubernur. Serta guna perakitan kotak suara, juga bilik.(detakpos)Terkirim dari Samsung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini