oleh

Surat Suara Disabilitas Manfaatkan Huruf Braile

Bojonegoro – Detakpos – Bentuk surat suara dalam pemilihan umum (pemilu) 2019 khusus penyandang disabilitas bentuknya hampir sama dengan kertas surat suara pada umumnya, namun ada beberapa bagian yang berbeda mulai dari warna, huruf yang digunakan.

Pengamatan detakpos melihat bahwa untuk kertas surat suara khusus penyandang disabilitas menggunakan huruf braille. Terlihat nampak bintik2 di atas kertas surat suara tersebut yang nantinya akan mempermudah membantu penyandang difabel tersebut untuk membaca.

Jenis kertas surat suara khusus untuk pemilihan presiden dan wakil presiden menggunakan bahan art karton. Dengan ukuran 22×31 centimeter dalam keadaan terlipat.

Bagian luar kertas surat suara khusus bagi pemilih tunanetra dibuat huruf awas dan huruf braille yang tegas dan dapat diraba oleh jari, yang desainnya sama seperti surat suara dengan warna hitam putih.

Data yang diperoleh dari KPU Bojonegoro menyebutkan bahwa di daerah setempat tercatat jumlah penyandang disabilitas Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019 sebanyak 1.149 orang.
(*)

Pemilihan umum yang akan di adakan serentak di Indonesia pada besok 17/4/19 di seluruh Indonesia. Pada pemilihan tahun ini terdiri dari pemilihan Presiden dan wakil presiden, Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi , DPRD Kabupaten.

Pemilihan umum merupakan hak bagi setiap warga negara Indonesia yang sudah memenuhi syarat , tak terkecuali para penyandang disabilitas. (*)

Penawarta: Fajar Riyanto Putra
Editor: Slamet

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini