oleh

Lima Produk Unggulan Bojonegoro Masuk IKKON 2017

BojonegoroDetakpos– Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Pemkab Bojonegoro, Rahmat Junaidi mengatakan,  BEKRAF, memilih  Bojonegoro, Jawa Timur,   sebagai salah satu lima kabupaten di Indonesia yang menjadi tujuan pelaksanaan IKKON 2017.

Seperti diketahui, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Badan Ekonomi Kreatif ( BEKRAF ) saat ini sedang melaksanakan kegiatan Innovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) 2017.

Menurut pejabat yang meraih gelar S2 di Melbourne University, Australia ini, di Bojonegoro terdapat lima  produk unggulan yang masuk program IKKON 2017, di antaranya Gerabah Malo, Batu Onix, Kerajinan Daun Pandan, Limbah Kayu Jati, serta batik Jonegoroan.

Lima produk unggulan itu  bahan dasar murni berasal dari lokal Bojonegoro. “Itu mulai kemarin sudah didatangi tim untuk mendapatkan pengarahan dan pengalaman dari para ahli dan pelaku industri yang telah  sukses di level nasional maupun internasional,” jelas Rahmat Hidayat ditemui, Senin (21/8/2017).

Dia mengatakan, dari pengarahan dan pelatihan  yang dilakukan tim ini, nanti diharapkan akan memunculkan karya-karya atau produk-produk baru yang mempunyai nilai tambah, tanpa menghilangkan keunikan ciri-ciri lokalnya.

DIa menargetkan, dua bulan ke depan para pelaku industri kreatif yang telah mendapat pengarahan dan pelatihan mampu mengaplikasi dan mengembangkan ilmu yang sudah didapat.”  Lima produk unggulan  yang masuk dalam program IKKON, rencananya akan dipamerkan di Bojonegoro dan Jakarta. Setelah itu baru diproduksi dengan skala besar dan di pasarkan,” terangnya.

BEKRAF rencananya  akan membantu pemasaran dan memfasilitasi produk unggulan yang masuk dalam program IKKON untuk ikut berkompetisi di level nasional maupun internasional.

Ke depan, akan membuat katalog produk-produk kreatif Bojonegoro dengan versi bahasa Indonesia dan  bahasa Inggris. Tujuan untuk mendapatkan eksistensi dan memperkenalkan lebih lanjut produk-produk itu di kancah nasional maupun internasional.(d5/detakpos).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini