oleh

Polisi Sita 5.572 HP Selundupan

JakartaDetakpos–Kepolisian Daerah Metro Jaya membongkar jaringan penyelundup telepon seluler yang menyelundupkan 5.572 ponsel dari China dalam sepekan.

Akibat penyelundupan tersebut kerugian negara diperkirakan mencapai sebesar Rp 4,5 triliun.

Menanggapi hal itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Direktorat Bea Cukai (Ditjen Bea Cukai) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, TNI Angkatan Laut (TNI AL), dan Kepolisian untuk berkoordinasi dalam rangka mengatasi maraknya penyelundupan.

‘”Dengan cara memetakan dan menutup setiap perlintasan tidak resmi/jalur tikus yang ada serta melakukan patroli secara intensif di wilayah-wilayah tersebut,”tutur dia di Jakarta, Jumat, (30/8).

Diharapkan, pihak Kepolisian, TNI dan Ditjen Bea Cukai untuk menindak tegas setiap pelaku maupun kapal-kapal yang melakukan transaksi di tengah laut unt meminimalisir terjadinya kasus penyelundupan

Juga, lanjut ketua DPR, Pemerintah Daerah (Pemda) bersama dengan Kepolisian dan Ditjen Bea Cukai meningkatkan pengawasan di pelabuhan-pelabuhan terutama pelabuhan tikus yang minim pengawasan aparat.

“Agar dapat mencegah pelaku memanfaatkan jalur pelabuhan tikus sebagai tempat penyelundupan, mengingat para penyelundup seringkali menggunakan kapal dalam menyelundupkan ponsel-ponsel tersebut;”tutur dia.

Selain itu juga mendorong Ditjen Bea Cukai meningkatkan pengawasan terhadap orang maupun barang yang masuk ke Indonesia, baik melalui jalur darat, laut maupun udara dengan cara memperbarui peralatan dan teknologi yang digunakan dalam patroli penyelundupan barang, sehingga dapat meminimalisir kasus penyelundupan barang.(d/2).

Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini