oleh

Khofifah Minta Restu Kiai Sidogiri yang Berpengaruh di Tapal Kuda

PasuruanDetakpos-Setelah mendapat dukungan PPP dan Hanura, Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa meminta restu kepada pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, untuk maju pada Pilgub Jatim 2018.

Mensos itu sowan ke kediaman KH Fuad Nur Hasan, salah satu Mejelis Keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, untuk meminta doa dan dukungan sebelum menyerahkan bantuan kepada 4.000 anak yatim piatu di Aula Kantor LAZ Sidogiri, Sabtu, (30/9/2017).

Hadir pada kesempatan itu adalah KH Mahmud Ali Zain, KH Sayfulloh Muhyiddin dan KH Nur Hasan Ghazi dan sejumlah kiai lain.

Semuanya adalah keluarga besar pesantren Sidogiri yang memiliki santri sekitar 21 ribu, sehingga para kiai di pesantren ini sangat berpengaruh di kawasan Tapal Kuda dan Madura, Jatim.

Menurut keteterangan, pondok Pesantren Sidogiri tergolong berusia tua karena asal muasal berdirinya sejak masa Sunan Giri.

Pendiri pesantren Sidogiri adalah KH Sayyid Sulaiman. Beliau santri Sunan Giri yang ditugaskan untuk membangun pondok pesantren di Pasuruan itu, sehingga kemudian pondok itu dinamakan Sidogiri karna utusan dan  perintah Sunan Giri.

Pesantren itu sudah mencetak santri-santri yang kemudian menjadi kiai yang berpengaruh dan tersebar di Tanah Air dan Jawa Timur khususnya. Salah seorang santri Pesantren Sidogiri yang termashur dan paling sukes adalah Saykhona Kholil Bangkalan di masa KH Abu Dzarrin.(d2detakpos).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini